Rabu, 09 Januari 2013

Makalah Susu Usia 0-3 s/d 3-10 Tahun



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar  Belakang
        1.Pengertian susu
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.
Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos.Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi.
        2.Sejarah susu
Pada zaman dahulu, susu telah dipakai sebagai bahan pokok pangan manusia. Manusia mengambil susu dari hewan yang memiliki kelenjar susu, seperti sapi, kuda dan domba. Sapi dan domba mulai dijinakkan sejak 8000 SM untuk diambil daging, bulu dan susunya.Di Timur Tengah, susu bahkan terfermentasi menjadi keju oleh para pengembara gurun di sana.Diperkirakan susu mulai masuk ke dataran Eropa pada abad 5000 SM melewati daerah Anatolia.Sementara, susu mulai masuk ke Inggris pada periode Neolitik. Susu sapi sendiri baru dikenal oleh bangsa Indonesia lewat penjajahan Hindia Belanda pada abad ke 18.
1
  3.Sumber susu
Susu tidak hanya dari sapi, tapi juga dari beberapa hewan mamalia lainnya. Diantaranya:
Domba, Kambing, Kuda, Keledai, Unta, termasuk unta di Amerika Selatan, seperti Ilama.
Di Rusia dan daerah Laplandia, sejenis peternakan rusa perah dibuat untuk logistik susu di beberapa daerah di lingkar kutub utara. Susu kuda dan keledai mengandungi lemak sekitar 50% lebih rendah dari susu sapi. Susu paus mengandung kandungan lemak terbesar, yaitu 50% dari kadar susu tersebut. Namun, susu paus tidak dikonsumsi oleh manusia.
4.Syarat susu yang baik
Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman.
Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.
Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Rasa susu sendiri mudah sekali berubah bila terkena benda-benda tertentu, misalnya makanan ternak penghasil susu, kerja enzim dalam tubuh ternak, bahkan wadah tempat menampung susu yang dihasilkan nantinya. Bau susu umumnya sedap, namun juga sangat mudah berubah bila terkena faktor di atas.
2
Titik beku susu di Indonesia adalah -0,520 °C, sedangkan titik didihnya adalah 100,16 °C. Titik didih dan titik beku ini akan mengalami perubahan apabila dilakukan pemalsuan susu dengan penambahan air yang terlalu banyak karena titik didih dan titik beku air yang berbeda.
Susu segar mempunyai sifat amfoter, artinya dapat berada di antara sifat asam dan sifat basa. Secara alami pH susu segar berkisar 6,5–6,7. Bila pH susu lebih rendah dari 6,5, berarti terdapat kolostrum ataupun aktivitas bakteri.
5.Jenis Produk Susu
Berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free-fat Milk) atau susu skim (skim milk).
Susu murni harus mengandung sekurang-kurangnya 3,25% dari lemak susu dan 8,25% padatan susu bukan lemak (protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan mineral). Penambahan vitamin A dan D pada susu ini bersifat fakultatif.
Susu kurang lemak banyak dipilih orang orang-orang yang ingin mengurangi konsumsi lemak di dalam susu. Sesuai dengan namanya, kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 2%. Untuk konsumen yang menginginkan konsumsi lemak lebih sedikit lagi, diciptakanlah susu rendah lemak. Kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 1%.
Pada susu skim, kadar lemaknya dikurangi hingga hampir tidak ada sama sekali (0,1%), namun residu dari lemak susunya boleh tersisa hingga maksimum 0,5%. Karena vitamin A dan D yang larut dalam lemak ikut hilang pada proses penghilangan lemak, pada susu kurang lemak, susu rendah lemak, dan susu skim umumnya ditambahkan kedua vitamin tersebut.

3

 1.2. Rumusan Masalah
1.     Mengidentifikasi manfaat susu bagi anak usia 1-3 tahun dan anak usia  3-12 tahun.
2.     Mengidentifikasi kandungan dari susu yang di konsumsi oleh anak tersebut.
1.3. Tujuan dan Manfaat
1.     Agar  mengetahui manfaat susu yang di konsumsi oleh sang anak.
2.     Agar  mengetahui kandungan nutrisi yang ada didalam susu












4


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.Susu untuk anak usia 1-3 tahun

1.     SGM
 SGM telah mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia sehingga menjadi putra bangsa yang cerdas dan berkualitas. Namun, daya tarik SGM terus mengalami penurunan bersamaan dengan bermunculannya produk-produk susu bayi lain di tanah air. kelemahan produk SGM terletak pada kemasan susu yang semua ukuran diproduksi dengan kotak karton dan tidak menyediakan sendok takar pada tiap kemasan. Sehingga, Anda harus menyediakan toples dan sendok takar sendiri ketika menggunakan SGM.
 Dalam segi kandungan nutrisi, produk SGM mengandung FOS, AHA dan DHA, mineral, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan air seperti kebanyakan kandungan susu formula lain.
5

2.     Nutrilon
http://bayi.co/wp-content/uploads/2010/12/Susu-Bayi-Nutrilon.jpgNutrilon merupakan salah satu merk produk susu bayi yang dihasilkan oleh perusahaan produsen susu terkenal, Nutricia. Nutrilon memiliki beberapa jenis produk yaitu, Nutrilon, Nutrilon Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Kandungan masing-masing susu formula tersebut nyaris tidak memiliki perbedaan, sedikit perbedaan hanya terletak pada jumlah takaran dari kandungan nutrisi dan harga yang dibandrol pada masing-masing jenis produk. Nutrilon Royal tergolong produk paling mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon Gold maupun Nutrilon.
Susu formula Nutrilon mengunggulkan Prebiotik FOS (Fructo Oligo Sakarida) dan GOS (Galakto Oligo Sakarida) yang sesuai dengan motto Nutrilon, fokus pada nutrisi lengkap untuk kesehatan saluran cerna dan tumbuh kembang optimal pada bayi.
Manfaat FOS dan GOS adalah merangsang tumbuh kembang bakteri baik, menekan perkembangan dan pertumbuhan bakteri buruk (patogen), meningkatkan pertahanan dinding usus, dan mencegah terjadinya infeksi.
Alhasil, bayi yang memproduksi susu formula Nutrilon akan mengeluarkan feses yang nyaris tidak berbeda dengan bayi yang mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Selain itu, bayi diharapkan tidak mudah sembelit dan diare.
6
3.     Dancow
Produk susu DANCOW dengan formula lengkap ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, agar tepat seimbang di setiap tahap pertumbuhannya. Produk tersebut adalah:
DANCOW 1+
Mengandung Lactobacillus PROTECTUS® dan Prebiotik
Produk yang ditujukan untuk anak usia 1-3 tahun ini memiliki keunggulan sebagai berikut:
a.
Memberikan perlindungan menyeluruh

Lactobacillus PROTECTUS® yang terkandung di dalam susu ini bermanfaat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Sementara PREBIO1®, membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kombinasi keduanya dapat bekerja sama membantu memberikan perlindungan yang lebih optimal. Susu ini juga dilengkapi dengan Vitamin C dan E sebagai antioksidan.
b.
Penting untuk otak

Mengandung Asam Lemak Esensial LA (Omega 6) dan ALA (Omega 3) – prekursor AA yang penting untuk otak.
c.
Membantu pertumbuhan

Mengandung 26 vitamin dan mineral untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.
7

3. Lactogen
LACTOGEN 3 mengandung zat gizi makro dan mikro untuk pertumbuhan anak, serta mempunyai keunggulan kandungan:
1. Probiotik Lactobacillus reuteri, merupakan bakteri baik yang bila dikonsumsi dalam jumlah tertentu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Manfaatnya:
•Membantu mengatur BAB (Buang Air Besar)
•Mengurangi feses keras
•Mengurangi konstipasi dan nyeri perut
2. DHA: Merupakan salah satu nutrisi penting dalam masa pertumbuhan karena merupakan struktur asam lemak yang dominan pada sistem syaraf dan retina. Manfaatnya yaitu penting untuk otak anak sampai usia 2 tahun.
3. Asam Linoleat (Omega 6) dan Asam Linolenat (Omega 3) merupakan asam lemak esensial. Manfaatnya merupakan precursor (bahan dasar) untuk membentuk DHA.
4. Kalsium. Manfaatnya pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
Komposisi:
Padatan Susu (Susu Bubuk Skim, Laktosa), Campuran Minyak Nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), Maltodekstrin, Gula, Mineral, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Premiks Vitamin, Campuran Minyak LC-PUFA (mengandung antioksidan tokoferol), dan Probiotik.
8

4.     Bebelac
Si Kecil membutuhkan nutrisi penting selama masa pertumbuhannya. Oleh karena itu, hadir Bebelac 3, susu pertumbuhan dengan nutrisi seimbang yang siap mendukung tumbuh-kembang optimal anak Ibu usia 1 – 3 tahun.
Minyak Ikan
Bebelac 3 dibuat dengan minyak ikan yang mengandung asam alfa linolenat sebagai asam lemak esensial.
Prebiotik FOS-GOS
Bebelac 3 dilengkapi dengan Prebiotik FOS-GOS yang dapat membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan.
Vitamin & Mineral
Bebelac 3 diperkaya dengan 12 vitamin dan 9 mineral untuk mendukung tumbuh-kembang si Kecil secara optimal, termasuk vitamin A, zat besi, zinc, iodium, dan kalsium. Zat besi dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia. Sedangkan kalsium berperan dalam pembentukan tulang serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
Bebelac 3 adalah susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun yang diformulasikan agar anak mendapatkan nutrisi penting yang dibutuhkan pada tahap pertumbuhannya.Dengan AA dan DHA yang diperlukan untuk membantu perkembangan otak anak.
9

5.     Procal
S26 Procal Gold Tahap 3 adalah susu pertumbuhan untuk bayi berumur 1-3 tahun. Dibuat oleh Wyeth sebuah perusahaan Amerika yang berspesialisasi dalam kebutuhan rumah tangga melengkapi kebutuhan si kecil. Susu pertumbuhan ini akan membantu anak mendapatkan nutrisi tumbuh kembangnya.. Susu ini mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi tanpa tambahan sukrosa.
 Susu ini mengandung DHA&AA, Protein, Natrium, Kalsium, Vitamin, dan Mineral untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Diperkaya dengan Zat Besi dan Zink untuk pertumbuhan bayi yang optimal.








10


2.2.Susu untuk anak usia 3-12 tahun

1.     Indomilk


Susu Cair INDOMILK (SCI) adalah susu steril siap minum dan dikemas dalam botol plastik transparan kedap udara.  SCI ini memiliki berat bersih 195 ml pada setiap botol yang diformulasikan sesuai untuk anak dalam usia pertumbuhan 3 – 12 tahun, namun remaja dan orang dewasapun juga dapat mengkonsumsinya.
     
     Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan tulang, yaitu Triple Bone Care (Kalsium, Fosfor dan Vitamin D) dan Kolin. Susu cair steril INDOMILK juga diperkaya dengan Vitamin A, B1, B6 dan D3 untuk membantu pemenuhan gizi sehari-hari. Keseluruhan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya membantu pertumbuhan anak.


11

2.     Enfakid A+

Susu formula untuk bayi atau anak memang sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan fisik dan juga otak mereka. Salah satu yang dapat menjadi pilihan adalah susu Enfakid  A+.
       Susu formula ini untuk pertumbuhan anak usia 3 sampai 6 tahun. Susu enfakid A+ dijual dengan harga sekitar 155 ribu rupiah untuk kaleng 900 gram dan 600 ribu untuk kemasan 400 gram. Komposisi dan kandungan gizinya hampir sama dengan susu enfagrow. Dianjurkan untuk memberikan susu ini 3 kali dalam sehari kepada anak Anda.
       Susu formula Anfakid A+  mengandung preboitik, kolin, antioksidan dan vitamin terutama C dan E yang sangat mendorong pertumbuhan maksimal anak. Susu enfakid dan enfagrow memang telah diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengoptimalkan perkembangan anak. Selain itu, susu formula ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas dan menyebabkan pertumbuhan otak yang lebih cepat. Kedua susu ini bahkan mengklaim sebagai susu formula yang paling lengkap kandungan gizinya.


12


BAB III
PENUTUP

3.1.Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa:
1.       Merek susu untuk anak usia 1-3 tahun yaitu; SGM, Bebelac, Dankow, Nutrilon, Lactogen, Procal, dan Chil-kid dll.

2.       Merek susu untuk anak usia 3-12 tahun yaitu Indomilk dan Anfakid A+, dll.

3.       Manfaat susu bagi anak yaitu:Tulang Sehat, Gigi Sehat,Mendukung Kecerdasan, Lebih Aktif, dan Sebagai Kudapan Sehat


3.2.Saran
Pada penyajian dalam makalah ini mungkin tidak menampilkan penjelasan – penjelasan secara mendalam. Hal ini karena keterbatasan pengetahuan dan literatur dari penulis. Selain itu penulis juga meminta kritik dan saran yang membangun dari pembaca sehingga penulis dapat meng-upgrade diri lebih baik dalam pembuatan makalah selanjutnya.


13




MAKALAH PENGANTAR ILMU PETERNAKAN







MENGIDENTIFIKASI SUSU PADA USIA 1-3 TAHUN DAN USIA 3-12 TAHUN

OLEH :
VIVIN WAHYUNI
L1A1 12 086


FAKULTAS PETERNAKAN
UNIVERSITAS HALUOLEO
KENDARI
2012








KATA PENGANTAR

        Puji dan  syukur  penulis panjatkan kehadirat Allah swt.Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah Pengantar Ilmu Peternakan yang berjudul “Susu untuk Anak Usia 1-3 tahun dan Usia 3-12 tahun”. Semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan ilmu bagi para pembaca sekalian.
 Dalam penulisan makalah ini, penulis sadar sebagai manusia yang menyandang relativitas dalam kebenaran,karena penulis juga masih dalam proses belajar, sehingga penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang membangun.



Kendari, Desember 2012


Penulis

iii




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.........................................................i
DAFTAR ISI.......................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
 1.1 Latar Belakang...............................................................1
 1.2 Rumusan Masalah..........................................................4
1.3. Tujuan dan Manfaat.......................................................4
.BAB II PEMBHASAN
 2.1. Susu untuk Anak Usia 1-3 Tahun.................................5
2.2 Susu untuk Anak Usia 3-12 Tahun................................12
 BAB III. PENUTUP
 3.1 Kesimpulan...................................................................13
 3.2 Saran.............................................................................13
DAFTAR PUSTAKA ..........................................................iii



ii












DAFTAR PUSTAKA


Wikipedia, 2011. Merek susu. http://id.wikipedia.org/wiki/Merek susu.  Diakses tanggal 22 Desember  2012 Blogspot, 2012.
http://rumengan irman.blogspot.com/2010/10/Susu anak usia 1-3 tahun/ 10.html. Diakses tanggal 22 Desember 2012




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar